Rabu, 11 Maret 2009

UNTUKMU GURU

MULTIPLE INTELLGENCES
(KECERDASAN MAJEMUK)

Untukmu ustazd/ustazdah
SEMBILAN KECERDASAN DASAR

Kecerdasan Linguistik. Kemampuan menggunakan kata secara efektif, baik secara lisan maupun secara tulisan. Kecerdasan ini meliputi kemampuan memanipulasi tata bahasa atau struktur bahasa, fonologi atau bunyi bahasa, sematik atau makna bahasa. Penggunaan bahasa ini antara lain mencakup retorika, manemonik/hafalan, eksplanasi, dan meta bahasa.

Kecerdasan Matematis-Logis. Kemampuan menggunakan angka dengan baik dan melakukan penalaran dengan benar. Kecerdasan ini meliputi kepekaan pada pola dan hubungan logis dan abstraksi-abstraksi lain. Proses yang digunakan dalam kecerdasan matematis-logis antara lain : kategorisasi, klasifikasi, pengambilan kesimpulan, generalisasi, penghitungan dan pengujian hipotesa.

Kecerdasan Spasial. Kemampuan mempersepsi dunia spasial-visual secara akurat (misal sebagai pemburu, pramuka, pemandu) dan mentranformasikan persepsi dunia spasial-visual (misal dekorator, interior, arsitek, seniman atau penemu). Kecerdasan ini meliputi kepekaan pada garis, warna, bentuk, ruang, dan hubungan antar unsur tersebut. Kecerdasan ini meliputi kemampuan membayangkan, mempresentasikan ide secara visual atau spasial, dan mengorientasikan diri secara tepat dalam matrik spasial.

Kecerdasan Kinestetis-Jasmani. Keahlian menggunakan seluruh tubuh untuk mengekspresikan ide dan perasaan dan ketrampilan mengunakan tangan untuk menciptakan atau mengubah sesuatu. Kecerdasan ini melipuati kemampuan-kemampuan fisik yang spesifik, seperti koordinasi keseimbangan, ketrampilan, kekuatan, kelenturan, dan kecepatan maupun kemampuan menerima rangsang dan hak yang berkaitan dengan sentuhan.

Kecerdasan Musikal. Kemampuan menangani bentuk-bentuk musikal dengan cara mempersepsi, membedakan, mengubah dan mengekspresikan. Kecerdasan ini meliputi kepekaan pada irama, pola titinada atau melodi dan warna nada atau warna suara suatu lagu. Orang dapat memiliki pemahaman musik figural, pemehaman formal atau keduanya.

Kecerdasan Interpersonal. Kemampuan mempersepsi dan membedakan suasana hati, maksud, motivasi, serta perasaan orang lain. Kecerdasan ini meliputi kepekaan pada ekspresi wajah, suara, gerak-isyarat, kemampuan membedakan berbagai macam tada interpersonal, dan kemampuan menanggapi secara efektif tanda tersebut dengan tindakan prakmatis tersebut (misal mempengaruhi sekelompok orang untuk melakukan tindakan tertentu)

Kecerdasan Intrapersonal. Kemampuan memahami diri sendiri dan bertindak berdasarkan pemahaman tersebut. Kecerdasan ini memliputi kemampuan memahami diri yang akurat. Kesadaran akan suasana hati , maksud, motivasi, temperamen, dan keinginan serta kemampuan berdisiplin tinggi, memahami dan menghargai diri.

Kecerdasan Naturalis. Keahlian mengenali dan mengategorikan spesies-flora dan faona-di lingkungan sekitar. Kecerdasan ini meliputi kepekaan pada fenomena alam lainnya dan bagi mereka yang dibesarkan di lingungan perkotaan, kemampuan membedakan benda tak hidup.

Kecerdasan Relegi. Adalah kemampuan dalam memahami dan melaksanakan ajaran agama sesuai dengan tuntunan yang berlaku. Serta menerapkan ajaran tersebut dalam perilaku keseharian anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar